Tarja Turunen: Symphonic Metal Queen


Tarja Turunen adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan komposer. Dia merupakan penyanyi soprano yang memiliki jangkauan vokal dari tiga oktaf. Tarja Turunen lahir pada 17 Ogos, 1977 di Kitee, Finland. Turunen belajar menyanyi di Sibelius Academy dan Hochschule für Musik Karlsruhe.

Dia terkenal sebagai penyanyi profesional klasik, namun paling dikenali sebagai mantan vokalis band symphonic metal Finland Nightwish, yang didirikannya dengan Tuomas Holopainen dan Erno Vuorinen pada tahun 1996. Kombinasi dari riff gitar yang keras dan laju dengan vokal klasik Turunen dengan cepat mencapai populariti yang tinggi.


Karakter vokal

Tarja Turunen memiliki suara kualiti tinggi yang telah dilatih di pelatihan musik klasik dan di sebuah band rock. Dengan demikian, dia boleh membuat suara yang opera, tetapi juga beradaptasi dengan nada yang lebih kontemporer.

Kontrol suara rendah yang dicapai dengan dukungan yang besar, yang bergerak ke midrange dengan mirroring timbre. Hal ini dapat membuat nada opera resonan, menciptakan crescendos, dan memanfaatkan timbre lembut. Suara lebih tinggi sampai oktaf keenam, namun nadanya tetap jelas dan halus.

 Turunen bernyanyi dengan teknik vokal klasik, dia menjelaskan bahwa pada hari-hari awal di Nightwish, sulit untuk menggabungkan teknik klasik dengan suara metal dengan cara memberikan kebebasannya bertindak tanpa merosak pita suara, teknik klasik membantunya untuk tidak melanjutkan latihan tambahan dalam bernyanyi rock / pop.


Ketika menjadi penyanyi Nightwish dengan kombinasi dari riff gitar yang keras dan laju, dengan vokal klasik wanita, menarik banyak perhatian di kalangan Metalheads. Sehingga Nightwish dengan gaya symphonic metal, dijoloki "Opera metal". Dia menekankan bahwa bernyanyi opera tidak dapat dilakukan sebagai projek sampingan. Dia memerlukan latihan khusus untuk sempurna menyanyikan sebuah opera seluruh tanpa mikrofon. Ketika dia ditanya masalah penghubungan dua genre yang berbeza, iaitu Opera dan Heavy metal, dia menjawab:

  The scenes are very similar. There are many people who would never go to an opera
 and the same goes for metal. But the real fans are incredibly loyal.
 And both styles are bombastic and express strong emotions.

   -Tarja Turunen,wawancara, Julai 2002

Nama: Tarja Soile Susanna Turunen

Lahir: 17 Julai 1977 (umur 36), Finlandia Kitee, Finlandia

Genre: Gothic metal, Symphonic rock, Classical, Soprano

Pekerjaan: Penyanyi, pencipta lagu, komposer

Instrumen: Vokal, piano

Tahun aktif: 1996 - sekarang

No comments:

Post a Comment